PENGUMUMAN LEBARAN 2011 PEMERINTAH Ditetapkan Berdasarkan SIdang Isbat Penetapan 1 Syawal 1432H


posted by aadmin on

No comments

MENTERI AGAMA TANGGAL LEBARAN 2011 Pengumuman Lebaran 2011 Pemerintah Ditetapkan Berdasarkan Sidang Isbat Penetapan 1 Syawal 1432H. Pemerintah menggelar sidang itsbat penetapan 1 Syawal 1432 H pada Senin/29/8) sore di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, yang dipimpin Menteri Agama Suryadharma Ali dan dihadiri tokoh dan ulama Ormas Islam, seperti NU, Muhammadiyah, Al Washliyah, MUI dan ilmuan Islam. Hasil sidang tersebut segera diumumkan kepada masyarakat. Lihat Tanggal Lebaran 2011 MUI Majelis Ulama Indonesia Minta 1 Syawal 1432H Jatuh Pada Tanggal Berapa dan Hasil Klasemen Liga Inggris 2011/2012 Live Score Update Jadwal Top Scorer Liga Primer Inggris 2011 EPL.

Kasubdit Pembinaan Syariah dan Hisab Rukyat Kementerian Agama, Muhyiddin, mengatakan sidang dilakukan sesuai ketetapan yang berlaku dalam syariat, yaitu penetapan awal bulan, terutama Ramadhan, Syawal, dan Dzulhijah oleh pemerintah.

Sidang itsbat melibatkan sejumlah pakar hisab rukyat dan instansi yang tergabung dalam Badan Hisab Rukyat (BHR). Di antaranya, Observatorium Bosscha ITB, Planetarium Jakarta, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), serta Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional (Bakosurtanal). Di samping itu, ada 12 titik pengamatan hilal dalam penentuan 1 Syawal.

Di antaranya Observatorium Hilal Lhok Nga, Aceh; Pekan Baru, Riau; Menara Timur Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung; Observatorium Bosscha, Lembang, Bandung, Jawa Barat; Pos Observasi Bulan (POB) Bukit Bela-belu, Bantul, Yogyakarta; Mataram, Nusa Tenggara Barat; SPD LAPAN, Biak, Papua; Makassar, Sulawesi Selatan; Samarinda, Kalimantan Timur; Nusa Tenggara Barat; Pantai Gebang, Madura dan Garut, Jawa Barat.

Sementara itu, pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) memperkirakan kemungkinan akan terjadi perbedaan dalam penetapan Idul Fitri 1432 H di antara warga masyarakat. Sebab itu masyarakat diminta saling menghargai dan menghormati serta mengedepankan ukhuwah (persaudaraan) apabila terjadi perbedaan.

Demikian Tausyiah yang disanpaikan Ketua MUI KH Ma’ruf Amin di Kantor MUI, Jakarta. menurut Ma’ruf Amin, dalam penetapan Idul Fitri ada dua yang dilakukan umat Islam yakni dengan metode wujudul hilal (bulan wujud) di atas ufuk berapa pun tingginya hilal tersebut. “Wujudul hilal ini yang digunakan Muhammadiyah,” Ma’ruf Amin.

Ia mengatakan ada juga umat Islam dalam penetapan Idul Fitri dengan metode Rukyatul hilal di mana hilal harus terlihat miniimal dua derajat. Karena perbedaan itu maka kemungkinan umat Islam ada yang melaksanakan Idul Fitri pada 30 Agustus, ada yang melaksanakan Idul Fitri pada 31 Agustus.

MUI menyambut baik penetapan Idul Fitri yang akan dilakukan pemerintah melalui Sidang Istbat 29 Agustus 2011 yang akan dilakukan Badan Hisab dan Ru’yat Kementerian Agama bersama MUI dan organisasi Islam lainnya. Namun demikian, kata Maruf, MUI menghimbau kepada masyarakat agar mengikuti keputusan Sidang Istbat. poskota.co.id

Pengumuman Lebaran 2011 Pemerintah, Sidang Isbat< Menetri Agama Menag, Penetapan 1 Syawal 1432H, lebaran 2011 jatuh pada tanggal, info lebaran 2011, kapan lebaran 2011, hari idul fitri, idul fitri pemerintah muhammadiyah nu

Leave a Reply

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...